Jumat, 23 Maret 2012

REBUNG MENJADI ALTERNATIF TAMBAHAN PENGHASILAN


Palangkaraya, FattalaTunas muda bambu atau yang lebih dikenal dengan nama Rebung menjadi Alternatif tambahan penghasilan beberapa warga di kelurahan Banturung Tangkiling.
Ketika melintas di Km 33 Jalan Tjilik Riwut Tangkiling maka kita akan menemukan lapak-lapak dagang di pinggir jalan milik warga tangkiling yang menjual hasil-hasil pertanian dan perkebunan mereka, Tak terkecuali Rebung. Rebung yang dapat dijadikan sayuran ini mampu membantu menambah-nambah penghasilan.Harganya pun bervariasi, 6 ribu hingga 7 ribu rupiah per kilogram.Sebagaimana diutarakan Rina,salah seorang pedagang ”rebung satu kilonya 7 ribu rupiah, satu rebung beratnya bermacam-macam,ada yang dua kilo bahkan sampai tiga kilo lebih”.
Para pedagang rebung ini bervariasi, ada yang memang benar-benar pedagang yang membeli Rebung dari warga, ada juga yang memang menjual Rebung hasil kebunnya sendiri.Menurut beberapa pedagang dalam satu hari bisa 20 hingga 30 kilo rebung yang terjual. Salah seorang pembeli ketika diwawancarai mengatakan bahwa setiap kali melewati tangkiling sudah terbiasa berhenti untuk membeli Rebung untuk disayur. (kim)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar