Selasa, 22 Mei 2012

Murung Raya Juara Sepak Sawut (Sepak Bola Api)


Palangka Raya – Kabupaten Murung Raya menjadi juara sepak sawut setelah mengalahkan Barito Utara 1-0 dalam kejuaraan sepak sawut antar Kabupaten/Kota dalam rangka HUT Kalteng ke 55.
Dalam pertandingan tersebut Murung Raya berhasil mengalahkan Barito Utara setelah Lenggar Mencetak gol pada menit ke delapan babak pertama. Dengan kemenagan tersebut Murung Raya menjadi Juara 1 dan mendapatkan trophy serta uang pembinaan Rp 3.250.000. Barito Utara otomatis menjadi runner up dan mendapatkan Trophy serta uang pembinaan sejumlah Rp 2.750.000. di tempat ketiga berhasil diraih Kotawaringin Timur setelah beruntung dalam adu koin melawan Barito Selatan. Sebelumnya Kotawaringin Timur dan Barito Selatan hanya mampu bermain imbang tanpa gol dalam dua kali sepuluh menit pertandingan, dua kali lima menit babak tambahan serta tetap imbang tanpa gol dalam adu penalti sehingga pemenang harus ditetapkan dengan adu koin. Sebagai pemenang ke 3 Kotawaringin Timur mendapatkan trophy plus uang pembinaan sejumlah Rp. 2.000.000. dalam kejuaraan ini 13 kabupaten dan satu kota bertanding untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3.
Marten Bedah selaku koordinator Sepak sawut menjelaskan bahwa sepak sawut merupakan sebuah permainan seperti permainan sepak bola pada umumnya. Namun yang membedakan dengan permainan sepak bola yaitu pada bola yang digunakan untuk bermain merupakan bola yang berapi.Bolanya dapat terbuat dari bongkahan sabuk kelapa tua yang telah kering dengan terlebih dahulu airnya dibuang lalu bongkahan tersebut direndam menggunakan minyak tanah. Satu tim terdiri dari lima orang pemain.
Dalam pertandingan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Ir Godin dan Direktorat Polda Kalteng Bidang Pariwisata, Yanet S.L Tobing. Mereka juga menyerahkan trophy dan uang pembinaan kepada masing-masing pemenang.Kim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar