Selasa, 22 Mei 2012

SALENKA : SELAMAT TINGGAL MIRAS


Band yang terbentuk pada awal januari 2011 ini mengusung jenis musik yang bergenre Punk Rock dengan lirik-lirik yang bertema sosial.

Sejarah terbentuknya band yang bermarkas di sebuah percetakan di jalan RTA.Milono ini cukup unik, Pada awal Januari 2011 Dodi mengajak Herman Pani dan Yuyi untuk iseng-iseng main band. Dari iseng tersebut kemudian mereka mengaku menjadi rutin untuk main band. Naman Salenka diambil dari sebuah percetakan sablon tempat biasa nongkrong sebelum latihan band. Salenka sendiri memiliki arti yaitu  serba lengkap karya, dimana dari nama tersebut diharapkan bias terus berkarya untuk memperkaya scene indie local di palangka Raya. Alasan Salenka memilih genre Punk Rock sendiri karena ingin memberikan warna yang berbeda pada musik di Palangka Raya. Band ini sendiri terinspirasi band lain seperti Superman Is Dead, Marjinal, Bunga Hitam, Efek Rumah Kaca dan Iwan Fals.
Setelah beberapa bulan berjalan Salenka mulai mencoba menciptakan lagu, dan “Pancasila” menjadi sebuah lagu pertama yang berhasil mereka ciptakan. Lagu pancasila tersebut bertema sosial dan mengutip isi dari sila ke lima pancasila yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Menurut Herman sang pencipta, lagu ini memang ingin menyuarakan Keadilan yang menyeluruh bagi rakyat Indonesia, bukan hanya untuk segelintir orang. Dengan lirik sosial dan hentakan musik Punk Rock lagu ‘Pancasila‘ cukup menarik perhatian khususnya kalangan pecinta genre musik Punk. “Lagu ini merupakan langkah awal kami untuk mulai berniat serius untuk bermusik, bahkan sejak itu kami jadi sering manggung di berbagai acara” jelas Herman.
Band yang beranggotakan  Herman yang mengisi vokal sekaligus bass, Dody pada gitar 1, Pani pada gitar 2, sedangkan penggebuk drum yang  mereka percayakan pada Yuyi ini semakin mantap hingga berhasil melahirkan single ke dua yang berjudul ‘STM’ (Selamat Tinggal Miras) yang juga merupakan hasil ciptaan Herman. Salenka berharap kedepan mereka dapat merilis sebuah Album serta ada orang yang melirik dan berkeinginan untuk mengangkat musik yang mereka usung. Kim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar